Laman

Minggu, 26 Januari 2014

Masakan Manado: Ayam Woku



Ini adalah kali pertama bagi saya untuk ikut event nya MasBar, dan temanya kali adalah Masakan Manado. Antara senang dan bingung saya, mendapat tantangan untuk membuat masakan daerah Manado. Senang, karena memang seumur umur saya belum pernah merasakan yang namanya masakan Manado. suwer,, (ihh kasian yaa hihihii...) dan bingung, karena nggak tau harus membuat masakan apa untuk event Masakan Manado.


 Memang tidak ada gambaran sama sekali di pikiran saya seperti apa itu masakan Manado. Terang saja, karena saya  adalah anak yang terlahir dari daerah Sumatera. Sejak kecil akrab dengan masakan-masakan dari daerah Sumatera, terutama masakan padang dan melayu. Dan sebagai perantau di tanah Jawa, semenjak kuliah juga saya sudah akrab dengan berbagai masakan Jawa. Lhaa, ini masakan Manado... saya buta sekali tentang cita rasa masakan Manado.

Tapi untunglah di blognya MasBar, diberikan gambaran ringkas mengenai citarasa masakan Manado. Ternyata masakan Manado itu didominasi oleh citarasa pedasnya serta aroma rempah daunnya yang menggugah selera.. Hhmmm, baiklah..Berbekal gambaran ringkas tersebut, saya bulatkan tekad untuk ikut dan mulai berburu resep.

Akhirnya saya jatuh hati melihat aneka foto masakan Manado bernama Ayam Woku. Saat baca resepnya saya juga makin penasaran dengan penggunaan daun pandan di dalamnya. Bagi saya, sudah tertanam dalam pikiran, bahwa pasangan yang serasi untuk daun pandan adalah aneka panganan manis. Bukan gurih, apalagi pedas.. Duhh,, Ayam Woku ini benar-benar telah membuat saya penasaran.

Setelah berburu bahan-bahan, (terutama kemanginya tidak boleh ketinggalaann :D ) saya langsung eksekusi masakan ini. Berbekal resep Ayam Woku dari Sajian Sedap, saya mulai aksi nekad saya :D



Ohya, ada cerita lucu saat saya memasak ayam woku ini. Anak saya basti, yang berumur 2 tahun selama ini hanya makan masakan dengan citarasa manis, belum berani makan pedas. Tapi saat saya mencicipi ayam woku ini, basti ingin ikut mencicipi. Saya sudah kasi warning, kalau ini pedas, tapi dia tetap kekeuh minta mencicipi. Akhirnya saya beri seujung sendok makan. dan, tarrrrraaaa!!! dia minta sesendok lagi. Saya lihat dia lumayan kepedasan, tapi tetap minta sesendok lagi. hihihiiii,,,, Begitu seterusnya sampai beberapa kali dan akhirnya malah minta diambilkan satu mangkok untuknya sendiri. Hihihiii,, anakku doyan ternyata.. :D Pada akhirnya dia berhenti karena kepedasan, sambil meneguk habis segelas air..

Untuk yang ingin mencoba, berikut saya tulis resep yang saya gunakan. Resep asli dari Sajian Sedap, dan terdapat sedikit perubahan dari saya.

Ayam Woku


Bahan:
1/2 ekor ayam, dipotong 5 bagian
5 lembar daun jeruk, dibuang tulangnya
2 lembar daun pandan, diiris
2 lembar daun kunyit, diiris
2 batang serai, diiris miring
1 buah tomat, dipotong-potong
1 batang daun bawang, diiris 1 cm
5 tangkai kemangi, dipetiki
2 sendok teh garam
1/2 sendok teh gula pasir
500 ml air
2 sendok makan minyak untuk menumis

Bumbu Halus:
5 butir bawang merah 
1 buah cabai merah besar 
10 buah cabai merah keriting
2 sendok makan cabe bubuk
4 butir kemiri, disangrai
2 cm kunyit, dibakar
2 cm jahe

Cara Pengolahan :
  1. Panaskan minyak. Tumis bumbu halus, daun jeruk, daun pandan, daun kunyit, dan serai sampai harum. Tambahkan ayam. Aduk sampai berubah warna.
  2. Masukkan air, garam, dan gula pasir. Masak sampai ayam matang dan bumbu meresap. Tambahkan tomat, daun bawang, dan daun kemangi. Aduk rata, matikan api.
Ayam Woku siap disantap dengan sepiring nasi hangat. Nyammmm :D

Terimakasih MasBar.. saya jadi bisa merasakan masakan Manado yang super enakk ini, saya dan suami ternyata suka sekali dengan ayam woku ini. Proyek berikutnya, ingin mencoba lebih banyak lagi masakan Manado :D

3 komentar:

  1. Aih estiiii, fotomu makin hari makin keren ajah, pake kamera apa? Itu pake meja kayu ya? Kweren, look rustic :D


    BalasHapus
  2. hihihiii,, tengkyu mba ki :D lebih tepatnya sih cuma alas kayu mba ki, soalnya ga ada kakinya..

    kameranya pake nikon mba..

    BalasHapus
  3. Terima Kasih ya partispasinya... kerennnn :-)

    BalasHapus