Laman

Rabu, 01 Januari 2014

Mini Banoffee Pie


Banoffee Pie,
Meski namanya belum setenar fruit pie atau egg tart alias Pie Susu, tapi rasanya sama sekali tidak kalah dengan kedua pie populer tersebut. Di saat sekarang ini, hampir di semua negara kita dapat menjumpai menu banoffee pie. Tetapi, jika ditelusur ternyata banoffee pie ini merupakan dessert (makanan pencuci mulut) yang berasal dari negara Britania Raya, atau Inggris. Ditemukan pada tahun1972 (sudah tua yaa..hihiii) oleh seorang chef dari "The Hungry Monk" restaurant, pie ini dengan cepat menjadi dessert favorit di berbagai negara. Kalau di Indonesia bagaimana yah favorit juga kah? :)

Sesuai dengan namanya, banoffee pie tersusun dari bahan utama BAnana dan toFFEE. dilengkapi dengan krim lembut dan topping dari cokelat maupun kopi.  Untuk banana (pisang) nya saya gunakan pisang ambon yang sedang matangnya. Tidak terlalu tua dan lembek, namun juga tidak pisang yang masih keras. Sedangkan toffee, merupakan karamel yang didapat dari memasak gula bersama butter (mentega). Untuk yang penasaran bagaimana cara membuat banoffee pie ini, yuukk langsung cek resepnya.

Resep berikut merupakan hasil modofikasi saya dari berbagai sumber dan beberapa kali eksperimen pembuatan banoffee pie. Kalau anda sedang mencari resep banoffee pie, mudah-mudahan yang satu ini bisa jadi pilihan yaa..

Banoffee Pie

by Dekalisa


bahan:
1 resep kulit pie favorit anda

2 buah pisang ambon
80 ml susu cair plain
4 sdm gula pasir
5-6 buah pisang ambon untuk isian, potong melintang

krim:
100 ml whip cream, kocok kental
250 gr unsalted butter (saya pakai orchid unsalted butter)
gula cair/ susu kental manis sesuai selera
100 gr cream cheese, suhu ruang 

topping:
30 ml sirup kopi
dark cooking chocolate, parut

cara membuat:
1) Siapkan sekiatar 15-20 kulit pie mini atau 1 buah kulit pie ukuran 20cm, sisihkan
2) Campurkan susu cair dan 2 buah pisang ambon, blender halus. sisihkan
3) Kocok lembut unsalted butter dan gula cair / susu kental manis. tambahkan whip cream dan cream cheese. Sisihkan dii kulkas
4) Panaskan teflon / wajan anti lengket. Buat toffee>>, tuang gula pasir ke dalam wajan. Biarkan hingga seluruh gula mencair. Goyangkan wajan untuk meratakan.
5) Setelah gula mencair, tuang campuran susu ke dalam wajan. Aduk dengan spatula kayu hingga gula dan susu menjadi larutan yang homogen. dinginkan
6) Setelah toffee cukup dingin, tuang ke dasar kulit pie. Dinginkan di freezer hingga isian beku
7) Keluarkan pie dari kulkas, tata potongan pisang di atas adonan toffee
8) Beri krim di atas potongan pisang, perciki dengan sirup kopi
9) Beri topping dari dark cooking chocolate yang diparut
10) Banoffee pie siap dihidangkan, namun diSAJIKAN DINGIN LEBIH NIKMAT


Selamat Mencoba yaaa.. Semoga sukaa :)




 




Tidak ada komentar:

Posting Komentar