Laman

Jumat, 24 Februari 2012

Black Forest ultah hubby

"suka makan kue? suka bikin kue? atau suka keduanya?
Pernah tahukah kenapa kue-kue itu punya nama  yg kadang2 terdengar unik? 
Ya, masing-masing kue punya cerita dan sejarah sendiri di balik nama, rasa, tekstur, dan penampakannya ;) "
 
Kue besar ini dikenal berasal dari daerah Der Schwarzwald atau dalam bahasa Inggrisnya disebut Black Forrest,  suatu daerah di  Baden-Wurttemberg. Cake Black Forest sendiri mulai dikenal di Jerman pada akhir abad 16 dengan sebutan Schwarzwälderkirsch Torte, yang berarti Black Forest Cherry atau "hutan" ceri yang sepi. Daerah Schwarzald ini terkenal dengan buah cerinya yang asam. Buah ceri itu terus diolah jadi lapisan kue tar yang akhirnya dikenal dengan nama cake Black Forest. (source: tabloid nova)

Berdasarkan sejarah ini, makanya nggak heran kalau cake black forest yang kita kenal sekarang adalah cake coklat  berlapis (layered cake) yang diantara cake nya diberi cherry filling dan whipped cream. Bahkan banyak juga yang menambahkan fresh cherry sebagai topping cake ini, karna memang asalnya cake ini dari daerah yang buah cerinya melimpah.Jadi bisa dibilang yang jadi ciri khas Black Forest ini adalah cherry fillingnya, berbalut whipped cream, yang bisa ditaburi parutan coklat dan topping buah ceri.

Untuk black forest saya yang kali ini, kayaknya agak melenceng dari asal usul cake ini ya hehee.. Meskipun dalemnya saya kasi cherry filling, luarnya saya guyur dengan coklat ganache. Dengan alasan biar lebih nyoklat. Anyway, tidak ada peraturan baku. Semuanya kembali ke selera masing-masing. Itu tadi hanya penjelasan tentang asal-usul cake ini, biar tau dan gak penasaran lagi knapa sih namanya jadi 'black forest'. Terjawab kaaannn? ;)


Tidak ada komentar:

Posting Komentar