Laman

Rabu, 20 Juni 2012

Russian Layered Honey Cake ( Ruski Medovik)

Gegara dikasi 'secuil' medovik sama temenku, sampai sekarang jadi ketagihan deh rasanya. Lembut lembut gimanaaa gitu rasanya. Pas masuk mulut, mmmmhhh smuanya rasanya lumer dan pecah di mulut. Sippp banget dehhh rasanya. Pengen minta lagiiii saking enaknya, ehh gak dikasi heheeeee, udah lenyap katanya :)

Bermula dari pengalaman 'secuil medovik' itu, akhirnya aku browsing-browsing resepnya. Daaaannn..dhieeenggggg!! adanya bahasa Rusia semua, Ruski Medovik. Alamaaaakkkkkkk... cita-cita pengen nguasain 10 bahasa dunia belum kesampain nih, baru mentok di bahasa Endonesa, Enggress, Jowo*loohhhh #
Akhinya tanya om gugel dengan keyword medovik recipe. Daaaannnnn ternyata ada buaanyaaaakkkk banget resepnya dalam bahasa Enggres. Jadi nih kayaknya bikin medovik :p

Sebenarnya si medovik atau "honey layered cake" ini merupakan resep yang sudah ada dari jaman dulu, di negara pecahan Uni Sovyet, seperti Rusia dan Ukraina. Makanya, cake ini menggunakan madu sebagai pemanisnya, karena madu merupakan pemanis yang sudah sejak jaman dulu dikenal orang >> "the oldest sweetener that nature gives us" Di negara-negara Eropa timur itu, masing-masing keluarga punya resep medoviknya sendiri-sendiri yang diwariskan dari generasi ke generasi. Kerennn yaa.. :D (*sambil berdoa biar makanan tradisional Indonesia tetap bisa bertahan di jamam modern layaknya si medovik ini)

Dari berbagai macam resep yang ada, pada intinya medovik adalah layered cake, atau cake yang dibuat berlapis-lapis, yang terdiri dari 1-6 lapisan yang tipis-tipis. Di antara lapisan biskuit tipis itu diberi krim yang lembutt dan manis :) Naaah, biasanya perbedaan dari satu resep dengan resep yang lain terletak pada komposisi penyusun si krim lembutnya itu. Yang tradisional biasanya menggunakan caramelized condensed milk, atau bahasa kitanya susu kental manis yang dibuat jadi karamel. Yang lebih modern biasanya menggunakan whipped cream atau sour cream untuk isiannya.


.

2 komentar:

  1. mba, boleh minta resepnya ga?*males gugling

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hai mba Ani...
      duh, maaf ya baru buka blog lagi setelah sekian lama. :p
      duhhh, aku gak simpan resepnya di kompy mba. nih aku kasi link nya yaa :D

      http://palachinkablog.com/medovik/
      http://www.foodbuzz.com/recipes/4930148-russian-honey-cake-medovik-

      done!
      goodluk,mba.. cobain dehh, dijamin ketagihan :D

      Hapus