Laman

Senin, 30 Desember 2013

Caterpillar Bread


Yumm!! siapa yang bisa menolak disuguhi caterpillar bread yang lembut dan nikmat ini??

Bentuknya yang lucu dengan bulatan2 sosis, toppingnya yang warna warni dengan kombinasi paprika merah dan hijau, keju, saos tomat, dan mayones.. Widddihhhh,, syedapppp

Saya membuat caterpillar bread ini dalam rangka nyobain resep roti yang baru nih.. Biasanya kalau bikin roti, soft bread ncc selalu jadi andalan. Kali ini, ingin menjelajah roti-roti dengan resep berbeda. Akhirnya pilihan saya jatuh pada resep potato bun nya mba ricke. Tapi sayang roti bun nya tidak sempat difoto, begitu matang langsung diberbu sama krucils dan papanya :D langsung habis dalam sekejap. Untung caterpillar bread nya sempat diamankan beberapa buah, jadi bisa di foto ;p

Untuk membuat caterpillar bread sebenarnya bisa dengan resep roti mana saja yang anda sukai. Hanya kali ini karena saya sedang mencona resep roti kentang, sekalian roti kentang nya saya bentuk caterpillar. Tetapi karena tekstur adonan rotinya yang sangat lembut sekali, sebenarnya agak susah kalau untuk praktek caterpillar bread. Adonannya lembuuuutt sekali, sehingga susah untuk dipelintir-pelintir (heheee,, bahasanya..) Jadi saran saya kalau ingin praketek membuat caterpillar bread usahakan dengan adonan roti yang lebih kokoh. Soft bread ncc juga bisa.

Oh iya, bagi yang ingin melihat step by step cara membuat caterpillar bread, bisa langsung ceki-ceki ke blognya mba ricke di sini yaa.. karena saat membuat caterpillar bread ini, saya tidak sempat untuk memotret step by step nya. Dan untuk yang ingin mencoba resep roti kentangnya, saya tulis ulang di sini resep yang saya gunakan yaa..

POTATO BUNS/POTATO BREAD

by mba ricke - ordiary kitchen

bahan-bahan:
200 g trigu protein tinggi
100 g terigu tprotein sedang
6 g ragi instant
65 g gula pasir10 g susu bubuk full cream
2 kuning telur
100 g kentang kukus, haluskan
125 ml air es
1/2 sdt garam
35 g mentega

bahan topping;
saos tomat botolan
paprika hijau & merah
keju cheddar parut
mayones

cara membuat:
1) Campur terigu, ragi instant, gula pasir, dan susu bubuk. aduk rata
2) Masukkan kuning telur dan kentang sambil diaduk rata, tuangi air es sedikit-sedikit
sambil diuleni sampai adonan kalis.
3) Masukkan garam dan mentega. Uleni hingga kalis elastis dan permukaan adonan mulus.
4) Bulatkan adonan, diamkan 10 menit. Bentuk-bentuk sesuai keinginan 
(saya membuat bentuk caterpillar)
5) Diamkan kembali selama kurang leboh 30 menit hingga mengembang
6) Beri topping, panggang dalam oven selama kurang lebih 15-20 menit.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar