Laman

Rabu, 19 Desember 2012

Egg-free gluten-free banana bread


Ceritanya sedang gandrung sama gluten free recipes, pluuss ada pisang nganggur hasil pemberian tetangga. Digabungin, jadinya gluten free banana bread ini. Resep aslinya masih dari web tanpagluten.com  di bawah ini resep yang saya gunakan:

 Gluten free Banana Bread

275 gr pisang, lumatkan
100 gr gula pasir + 50 gr gula palem  (di resep asli 200gr gula pasir, tapi buat saya terlalu manis)
100 gr minyak sayur
2 sendok teh baking powder
1 sdt bubuk kayu manis (resep asli menggunakan bumbu spekuk)
200 gr tp beras

>> Aduk rata semua bahan menggunakan whisk ataupun spatula kayu
>> Tuang ke loyang yang sudah disemir margarin ( saya pakai loyang uk 30x10 cm)
>> Panggang hingga matang

Hasil akhir dari banana bread yang cara bikinnya praktis ini, cukup memuaskan. Kuenya lembuttt banget, lumer di mulut. Dari segi penampakan sih emang kalah menul sama banana bread dengan terigu dan telur. Setelah matang, bagian tengah cenderung 'mendelep' walau tidak bantat. Meski waktu masih di dalam oven mengembang dengan yahutt nya :p
Oiya, saya lupa menghitung waktu panggangnya, cuma mengandalkan aroma semriwing pisang dan kayumanis yang dipanggang :) Kalau udah mulai tercium wangii, siap2 deh lakukan tes tusuk di kuenya. Kalau bagian dalam kue sudah kering, boleee diangkat. Ehh, tapi kemarin saya diamkan dulu sebentar di dalam oven. Maksud hati biar keluar2 ga langsung kempes, tapi ternyata kempes juga :(
Anyway, selamat mencobaa,, Mungkin bisa lebih berhasil dari percobaan pertama saya ini :)
Good luck.. :)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar