Laman

Selasa, 18 Juni 2013

Water Melon Cookies

Kali ini, saya ingin berbagi cerita tentang kukis yang satu ini, nih.. Watermelon Cookies, namanya. terjemahan bebas ke bahasa indonesianya, kue kering semangka, karena bentuknya mirip dengan irisan buah semangka :)

Pada awalnya ingin bikin kukis ini menggunakan resep watermelon cookies nya ncc. Namun berhubung harga-harga sedang melonjak tinggi, terutama telur, saya jadi agak-agak gimanaaa gitu mo eksekusi kuker ini, apalagi kalau mau dibuat bakulan. Gede di ongkos, karena satu resep kukis watermelon ncc, butuh 3 butir kuning telur dan pake krim kental. Whuaa,,kayaknya ga memungkinkan untuk dibuat jualan nih, soalnya lingkungan sekitar rumah saya masih tergolong daerah perkampungan. Jadi, saya googling tentang kukis ini. Ternyata buanyaakk sekali info resep watermelon cookies ini, yang kebanyakan resep dari luar negeri. Dan saya langsung cocok, disaat lihat hanya butuh 1 butir telur, dan tanpa krim kental. yippiieee!

Esok harinya langsung eksekusi resep. Dan saya cocok dengan resep ini, karena bikinnya bisa santai, ga harus buru-buru. Saya siapkan adonannya malam hari, besok pagi / siangnya baru saya panggang, karena memang resepnya menghendaki adonan yang didiamkan semalaman. buat bakulan yang masih punya balita seperti saya ini, resep yang pake santai begini lebih enak. Saya bisa sambil temani anak saya bermain.

 

Water Melon Cookies

3/4 cup (165gr) butter
3/4 cup (96 gr) gula halus
1 butir telur
2 1/4 cup (290) gr terigu,
(saya campur 200 gr terigu, 90 gr almond bubuk)
1/4 sdt garam
1/4 sdt baking powder
kismis, cincang

.
> campur butter dan gula, kocok hingga pucat dan ringan
> masukkan telur
> tambahkan bahan kering dengan cara diayak
> bagi tiga adonan, beri pewarna merah, kuning, hijau.
> bulatkan adonan merah, diamkan di kulkas selama 2 jam
> pipihkan adonan kuning, gulung adonan kuning di permukaan adonan merah, bekukan kembali di kulkas
> terakhir, pipihkan adonan hijau menjadi bentuk persegi panjang, bungkus adonan kuning dan merah dengan adonan hijau
> diamkan semalaman,
> iris adonan yang telah berbentuk bulat panjang menjadi kepingan-kepingan
> panggang

*TIPS:
1. lakukan keseluruhan proses dengan cepat, karena adonan mudah lembek di suhu ruang
2. pipihkan atau gulung adonan dengan menggunakan plastik, agar mulus dan lebih mudah digulung
3. iris adonan dengan irisan yang tipis-tipis saja, karena ia akan mengembang saat dipanggang
4. panggang di rak bawah dengan api sedang, dan jangan terlalu lama memanggang. karena warnanya dapat menjadi pudar bila terlalu lama dipanggang.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar