Laman

Senin, 17 September 2012

Fruit Cake


Fruitcake is classic
Ia sudah ada dari dulu dan tetap terkenal hingga sekarang. Sangat passsss untuk menemani secangkir teh hangat yang wangiii semriwing :)  Meski klasik, fruitcake tak pernah tertinggal oleh zaman, para penggemarnya bertebaran di mana-mana di dunia ini :)

Jadi, sejarahnya Fruit cake ini merupakan makanan khusus yang disantap saat Natal dan hari perkawinan. Cake ini sarat dengan aneka buah-buahan. Membuatnya pun perlu penanganan dan pembakaran khusus agar mendapatkan hasil yang baik.

Nama fruit cake dapat ditelusuri kembali hanya sampai abad pertengahan. Fruitcake terbentuk dari kombinasi bahasa Latin fructus dan Perancis fruit atau frug. Di zaman Romawi kuno, salah satu bahan cake ini adalah daun-daunan buah delima, di samping kacang cemara dan kismis yang dicampur ke dalam semacam bubur ragi.

Lalu pada abad pertengahan, ditambahkan madu, bumbu-bumbu, dan buah-buahan yang diawetkan. Konon, para krusader dan pemburu membawa kue jenis ini untuk bertahan hidup untuk jangka waktu yang lama selama bepergian jauh dari rumah.

Orang Inggris baru mengenal cake jenis ini di tahun 1400-an, ketika para pendatang dari Midetarania mengenalkan buah-buahan yang sudah dikeringkan.
Sementara tahun 1700-an, di Eropa, fruit cake dibuat setiap kali akhir panen kacang tiba. Cake kemudian disimpan selama setahun dan baru dinikmati saat panen kacang tahun berikutnya. Mereka percaya, cake yang dibuat dari kacang-kacangan hasil panen dan baru dimakan saat panen berikutnya, bisa memberi berkah bagi keberhasilan panen mendatang.

Pada perkembangannya, cake ini sangat disukai orang Inggris karena rasanya yang enak dan tepat untuk dijadikan teman minum teh. Bahkan konon Ratu Victoria harus menunggu satu tahun untuk makan fruit cake, hadiah istimewa yang selalu diterimanya saat merayakan hari ulang tahunnya.
Merupakan kebiasaan di Inggris bagi tamu pesta perkawinan yang belum menikah untuk mengambil sepotong fruit cake yang berwarna gelap untuk kemudian ditaruh di bawah bantal mereka pada malam harinya agar memimpikan orang yang akan mereka nikahi (source: tabloidnova.com)

Jadi, ini dia. Salah satu resep fruitcake diantara berpuluh resep fruit cake yang pernah ada. Enjoyyy!! :)

Fruit Cake
Source mamakencakery.blogspot.com

Bahan :
200 gr margarine
100 gr gula castor
50 gr gula palem > ga pake karna lg kehabisan stok ;p
4 btr telur utuh + 1 kuning telur
225 gr terigu
25 gr susu bubuk
1 sdt BP
50 ml madu
100 ml apple juice
100 gr mixed fruit
50 gr almond slice

taburan :
50 gr mixed fruit
25 gr almond slice

Cara Membuat :

- Rendam mixed fruit dengan 100 ml apple juice semalaman
- Campur terigu, susu bubuk dan BP aduk rata
- Kocok Margarine, gula castor, gula palem sampai lembut. tambahkan telur satu persatu bergantian dengan campuran terigu... inget yang terakhir masuk terigu yak.. kemudian masukan madu, aduk rata.
- Tambahkan mixed fruid dan almond, aduk rata.
- Tuang ke loyang yang sudah dipoles margarine, tabur dengan bahan taburan.
- Panggang lk 35 menit dengan suhu 175C


Tidak ada komentar:

Posting Komentar