Laman

Rabu, 05 September 2012

Red Velvet Cake - catatan perjalanan

Tarraaaa.. here i come with the velvety red cake, si Red Velvet.
Kenapa judulnya "Red Velvet Cake - catatan perjalanan"? Karna posting ini berisi catatan perjalananku menemukan the finest RVC in da whole world! (ahhahaaa..lebay nya kambuh) well, here it is. hope you'll enjoy it :)

Sekedar bercerita, di tengah routines yg menenggelamkan, pencarian resep rvc yang paling oke ini menurutku pengalaman paling seru. Pertama, nemu resep, so-so menurutku. Kedua, nyobain resep yang berbeda, ehh kemanisan. Trus, ketemu resep yang wokkeeee n mantabb banget menurutku karna cakenya lembuttt n moist, eehh ternyata takaran coklatnya kebanyakan, jadi pait cakenya. Sampai akhirnya cari dan modif sana sini, ketemu resep dengan rasa cake oke, moist banget.

Itu dari sisi cake nya. Lain lagi soal pencarian warna yang passss untuk cake ini. Sebenernya sih, untuk mendapatkan warna yang oke itu gampang. Tinggal tuang aja food colouring segambrenggg, jadi dehhh merahhhh. Tapi kan bukan itu yang kita cari, rite bakuleerrrsss?? Disamping dapet efek warna yang menggoda, kita juga punya tanggung jawab sama yang makan cake ini. Gak pengen juga kaann, abis makan cake ini kastamernya jadi merah smua. heheheeee. *lagi ktawa ngikik bayanginnya. orang jadi merah. Makanya kemarin aku borong beet segambreng. Trus mulai percobaan *ecieeee, percobaan. Iya percobaan. Metode mana yang paling bisa bikin warnanya si beet ini keluar dengan cantiknya. Akhirnya, setelah menghabiskan kurang lebih sekilo buah beet, ketemu deh caranya menunjukkan cantik warnamu, wahai beet.

Ketiga, dari sisi dekor. Awalnya berniat bikin topping cake dari ganache dengan warna senada dengan warna cakenya. Aku belilah, coklat compound merk m*******e yang warnanya merah itu. Tenyataaaa warnanya terlalu merah, daaann ada rasa n aromanya, kayaknya sih stroberi. Duhhhh, rasa ganachenya tabrakan sama cake n krimnya. disaster! Yaaahhh gimana dongg,, seluruh cake udah disiram ganache storberi itu. Akhirnya, ganachenya aku kerok sampe abis. hihiiii.. ini nih dia penampakan rvc with red ganache :p   lama2 diliatin kok syeremm ya merahnya.. sumpeee itu coklat warna merah, bukan yg lain :p

Walhasil, at the end, akhirnya, finally,,,,,, :D
dipertemukanlah aku dengan si "beludru merah" yang cantik ini. What a journey in finding you, my lil baby...

ok, here's the recipe:

Red Velvet Cake

100 gr terigu
1 sdm coklat bubuk
1/4 sdt garam
>campurkan, ayak

120 ml minyak sayur
120 gr gula halus
1 btr telur
1/2 sdt vanillie
> kocok rata minyak dan gula halus, masukkan telur.

2 buah beet, parut halus
100 ml air
>rebus beet bersama air hingga susut setengahnya. peras, saring. ambil 25ml

75 ml susu cair
1/2 sdm air jeruk lemon
>campur, diamkan

1/2 sdt soda kue
1 sdt air jeruk lemon
> buat disaat adonan sudah siap. campurkan, langsung tuang ke adonan

>Masukkan air rebusan beet ke dalam adonan minyak dan gula
>Masukkan campuran terigu ke dalam adonan, bergantian dengan campuran susu cair. lakukan hingga terigu dan susu habis. aduk hingga rata (kalau pake mixer, low speed aja)
>Terakhir, masukkan campuran soda kue ke dalam adonan.
>Tuang dalam loyang ( aku pake 2 loyang 16cm)
>Panggang hingga matang.

Have a try!! :D

Tidak ada komentar:

Posting Komentar