Laman

Minggu, 28 Juli 2013

Candied Sweet Potato


Akhirnya tergerak untuk bikin candied sweet potato di bulan puasa ini, soalnya di mana-mana ngeliat ubi :) Warung-warung dekat rumah sedang gencar-gencarnya menjual bahan baku  kolak ini. Malah kemarin pas beli, penjualnya menebak ubinya mau dibuat kolak. Padahal engga tuh.. hehee..

Menurut cerita, candied sweet potato ini adalah camilan yang cukup favorit di korea, kalau tidak salah waktu itu juga pernah dijadikan salah satu tantangan di acara Masterchef Indonesia. Tapi saya sendiri jadi kepingin bikin camilan ini karena lihat DP nya mba melly-little M kitchen. Kayaknya enaaakk gituu.. :) akhirnya kesampaian juga bikinnya.

Untuk rasanya, diluar terasa renyah dan crisp, sedangnkan bagian dalamnya lembut. Resep candied sweet potato ini saya ambil dari maangchi.com. Berikut terjemahan bebasnya:

Candied Sweet Potato

source: maangchi.com


bahan:
500 gr ubi
minyak sayur
1/4 cup gula pasir
biji wijen hitam ( saya ga pake karna ga ada)

cara membuat:
1. kupas dan cuci bersih ubi. potong-potong, rendam di dalam air dingin sebentar
2. goreng ubi dalam minya panas hingga kuning keemasan, sisihkan.
3. tuang 1sdm minyak sayur ke dalam wajan anti lengket / teflon
4. taburkan gula secara merata, panaskan wajan dengan api sedang selama beberapa menit
5. saat gula sudah meleleh, kecilkan api, masak selama 7-8 menit hingga gula berubah menjadi sirup coklat keemasan. *catatan : jangan mengaduk syrup karamelnya dengan sendok, tetapi cukup dengan menggoyangkan wajannya.
6. masukkan ubi yang sudah digoreng ke dalam syrup karamel, goyangkan wajan untuk menutupi permukaan ubi dengan karamel.
7. taburi wijen hitam, letakkan di atas parchment paper agar ubi tidak melekat satu sama lain.
8. sajikan di piring jika syrup karamel sudah mengeras. hias dengan spun sugar.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar