Laman

Sabtu, 03 Agustus 2013

Ayam Bakar Taliwang dan Plecing Kangkung


Ayam bakar taliwang merupakan masakan asli Indonesia, yang tepatnya berasal dari Lombok, NTB. Masakan olahan ayam ini biasa disajikan bersama plecing kangkung dan nasi hangat.Hmmm, nikmat!!

Bicara tentang ayam bakar taliwang, sebenarnya kami -saya dan suami- punya kenangan tersendiri dengan masakan ini. Kembali pada masa beberapa tahun lalu, saat kami sama-sama masih kuliah di Jawa Timur, kami sukaaa sekali hidangan yang satu ini. Biasanya kami makan malam dengan menu ayam taliwang dan sambal plecing ini di salah satu warung lesehan di dekat kampus. Cita rasa ayam dan sambel nya yang khas, membuat kami selalu kembali lagi. Tapi,suatu malam, yang jualan tiba-tiba sudah nggak ada. Dan tidak ada kabar mereka pindah ke mana. Yaahhh, penonton kuuciwa dehh.. Mulai saat itu punya tekad terpendam dalam hati, kalo nanti harus bisa bikin ayam taliwang sendiri. Dan yeayyyy, it is happening !! :D

Setelah bertahun-tahun lamanya, semenjak masih kuliah hingga kini kami sudah memiliki satu orang anak :) , kami kembali merasakan lagi nikmatnya hidangan ini. Horree :D Bedanya, kali ini saya sendiri yang membuatnya, dan kami tidak lagi makan di warung lesehan, melainkan di rumah kami. Nikmatnyaa,,, :) 

Well, itu tadi sedikit nostalgia tentang ayam taliwan ini. Daaan, sudah cukup cerita2nya, sekarang saya ingin membagikan resep ayam taliwang yang oke ini. Oiya, untuk resep plecing kangkung, sudah pernah saya tulis sebelumnya. Silakan lihat di sini.

 Ayam Bakar Taliwang

Bahan:
1 ekor ayam
1 buah jeruk nipis
1 sdt garam
300 ml santan
1 sdt garam
1 sdt gula merah, sisir
minyak untuk menumis

bumbu halus:
10 btr bawang merah
7 siung bawang putih
7 buah cabe merah keriting, bakar
5 btr kemiri, sangrai
1 1/2 sdt terasi, sangrai

Cara membuat:
1. Lumuri ayam dengan air jeruk nipis dan garam. Diamkan selama kurang lebih 30 menit.
2. panaskan minyak goreng, tumis bumbu halus sampai harum. masukkan santan, garam, dan gula merah. Aduk rata dan masak hingga mendidih.
3. Masukkan ayam, masak dengan api kecil hingga bumbu meresap dan matang.
4. Sisakan sedikit bumbu santan untuk dioles pada ayam saat memanggang.
5. Bakar ayam sambil dioles bumbu dan dibolak-balik hingga matang.

Selamat mencoba,yaa.. :)

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar