Laman

Jumat, 24 Januari 2014

Jajanan Pasar Tradisional Indonesia: Talam Singkong



Senangnya, bisa ikut meramaikan Challenge #1 di YKMK. Untuk Challenge #1 ini, tema yang diusung adalah Jajanan Pasar Tradisional Indonesia (JPTI), yang tujuannya adalah untuk kembali menggali dan mempopulerkan jajanan asli Indonesia. Jangan sampai anak-anak kita nanti sudah tidak mengenal lagi jajanan khas daerah dan negaranya, habis terbombardir oleh makanan-makanan modern. Juga agar kita para bakul kue, bisa menambah lagi varian.dagangannya..yeayyyy!! (hihihiii teteppp, jualan :D)

Ditambah lagi, jajanan pasar Indonesia pada umumnya tidak menghabiskan terlalu banyak biaya untuk membuatnya. Jadi, selain enak, unik, jajanan tradisional juga aman buat kantong. Hihiiii, banyak plus nya kan ternyata jajanan asli Indonesia itu. Jadi, nggak ada lagi alasan untuk tidak suka jajanan tradisional kan..? :)

Kali ini saya membuat kue talam singkong. Tidak terlalu jelas jajanan ini berasal dari daerah mana, ada yang menyebutkan ia berasal dari daerah jawa tengah, tetapi di daerah sumatera talam singkong ini juga sudah ada sejak lama. Walau begitu, tapi yang pasti  talam singkong ini asli INDONESIA :D


Kue talam singkong ini adalah salah satu jajanan favorit mama saya, beliau sukaa sekali. Jadi saat membuat kue ini jadi teringat-ingat mama yang ada di pulau sebrang nih.. Semoga mama selalu sehat-sehat di sana ya..

Sebenarnya talam singkong sendiri adalah salah satu varian dari kue talam. Karena kue talam ada banyak sekali jenisnya, ada talam hijau, talam ubi, talam kentang, talam ebi, dan banyak lagi talam-talam lainnya :) Untuk bentuknya, kue talam dapat dicetak  individual dg cetakan cucing dan dapat juga dibuat dalam loyang kotak ukuran besar untuk kemudian dipotong-potong. so, the choice is yours :)

Kalau buat saya, kue talam ini enak sekali dinikmati selagi hangat. Apalagi di musim penghujan seperti sekarang ini, talam singkong hangat plus segelas teh tawar hangat jadi pasangan yang klop.Untuk yang ingin menikmati jajanan ini di rumah, yukk cek resepnya di bawah.

Untuk resep talam singkong, saya ambil dari sini dengan sedikit perubahan..

TALAM SINGKONG
Bahan

Bahan I:
500 gram singkong parut,
1 sendok teh garam
250 gram gula merah sisir halus
150 ml santan kental kemasan, encerkan dengan 100 ml air hangat

Bahan II: 
100 ml santan kental kemasan, encerkan dengan 150 ml air hangat
1sendok teh garam
2 sendok teh gula pasir halus
20 gram tepung beras
35 ml air panas
50 gram tepung sagu

Cara membuat:
  1. Bahan I, remas – remas singkong, garam, dan gula merah. Tambahkan santan. Aduk rata.
  2. Tuang adonan hingga setinggi ¾  cucing yang telah  dioles  minyak. Kukus 15 menit sampai setengah matang.
  3. Bahan II, rebus santan dan garam sambil diaduk sampai mendidih. Biarkan dingin (ukur 225 ml).
  4. Aduk rata tepung beras dan air panas. Tambahkan tepung sagu. Aduk rata. Tuang rebusan santan sedikit-sedikit sambil diaduk rata.
  5. Tuang bahan II di atas bahan I. Kukus 10 menit sampai matang.
* satu resep ini menghasilkan 30-35 buah kue talam yang dicetak dengan cetakan cucing

Selamat mencoba,yaa.. :D


2 komentar:

  1. Terima kasih untuk ikut serta dalam Challenge #1 YKMK 2014, success.
    Talam singkokng bikin kangen mamanya ya...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Makasih sudah mampir mba Lynda..

      Iya mba, jajanan ini bikin jadi kangen mama nih,,,

      Hapus