Laman

Sabtu, 19 Oktober 2013

Soto Ayam


Ternyata membuat soto ayam tidak serumit yang pernah saya bayangkan sebelumnya. Keahlian utama yang dibutuhkan adalah keahlian memotong-motong sayuran :p Sisanya, ulek2 bumbu. yang jaman sekarang bisa dikerjakan oleh benda kesayangan saya, si hand blender :)

Hal yang saya sukai dari soto ayam ini adalah kuahnya yang segar, dengan perasan air jeruk nipis, ketemu sambal dan kecap, alamaakkk... Resep soto ayam ini berasal dari sajian sedap, namun saya membuat penyesuaikan pada beberapa bahannya sesuai selera saya. Saya menggunakan sayuran mentah yang sudah dicuci bersih, lalu kemudian disiram dengan kuah kaldu panas-panas. Sedangkan pada resep asli, sayurannya direbus terlebih dahulu. Oiya saya juga menambahkan lebih banyak jenis sayuran ke dalam soto ini. Naahh langsung saja ya, ini dia resep soto ayam yang saya gunakan:

Soto Ayam

 
Bahan:
1/2 ekor ayam 
2.000 ml air
2 butir cengkeh, memarkan
2 cm jahe, memarkan
2 batang serai, memarkan
2 sendok teh garam
1/4 sendok teh merica
1/2 sendok teh gula pasir
1 lembar daun salam
5 lembar daun jeruk, dibuang tulang daunnya
1 batang daun bawang, potong 1 cm
3 sendok makan minyak untuk menumis

Bumbu Halus:
10 butir bawang merah
4 siung bawang putih
4 butir kemiri, sangrai
1 sendok teh ketumbar
3 cm kunyit

Pelengkap:
100 gram taoge
100 gr kol, iris tipis 
2 buah tomat, potong-potong
3 butir telur rebus, potong-potong
2 batang daun bawang, iris halus
3 buah jeruk nipis
3 sendok makan kecap manis 


Cara membuat :
  1. Rebus ayam di dalam air bersama  cengkeh, jahe, dan serai dengan api kecil hingga mendidih.
  2. Panaskan minyak. Tumis bumbu halus sampai harum. Tuang ke rebusan ayam.
  3. Tambahkan  daun salam, daun jeruk, daun bawang, garam, merica bubuk, dan gula pasir.Aduk rata. Masak ayam sampai empuk. Ukur kaldunya. Tambahkan air hingga 1.200 ml. Rebus kembali sampai mendidih. Angkat. Keluarkan ayamnya. Suwir-suwir.
  4. Tata dalam mangkuk : taoge, kol, tomat, telur dan ayam suwir. Siramkan kuah panas-panas. Sajikan  bersama pelengkaplainnya

Tidak ada komentar:

Posting Komentar