Laman

Rabu, 04 September 2013

Kue Pancong


Untuk blogpost kali ini, saya tidak berbagi resep melainkan akan berbagi cerita. Bukan pelit resep atau ilmu, tapi memang ini kue pancong bukan bikinan saya ;p  ..
tapi nanti, kalo udah bikin sendiri,pasti di post di sini.

Jadi ceritanya, beberapa hari yang lalu saya pindahan. Nahhh, di tempat baru ini ada satu warung kecil yang jual gorengan dan nasi uduk. Yaahh, sepertinya menu tsb sih biasa saja,ya.. tapiii ibu tersebut juga jual yang namanya kue pancong. naahh, walaupun sejak menikah saya sudah hijrah ke Depok sini, tapi belum pernah makan yang namanya si kue pancong ini. Dituntun rasa penasaran thd rasa makanan ini, saya pun belilah. Harganya termasuk murah, kalau menurut saya, 2000 rupiah untuk 4 bilah kue pancong. 1 bilah itu bentuknya seperti setengah lingkaran gitu..

Kalau menurut saya, dari penampakannya sih biasa. Ada 4 bilah kue yang bentuknya mirip kue pukis, tapi diberi taburan yang terbuat dari campuran gula dan sedikit kelapa serundeng, sepertinya. Tapi begitu digigittt, nyesssss! enaaaakkk!! :D Kue nya sendiri bercitarasa manis gurih, kalau tebakan saya sih terbuat dari campuran tepung beras dan kelapa, soalnya kedua unsur ini terasa sekali. Dengan taburan gula pasir yang ada aroma kelapa gongseng nya, jadi mantaaabbb banget rasanya. Duhh, saya langsung jatuh cinta sama makanan ini di gigitan pertama nih. Saya suka.

Besoknya, saya beli lagi. Besoknya lagi, beli lagi juga.. heheheee,,, ini yang namanya doyan. Dimakan untuk sarapan dengan ditemani teh tawar hangat, hmmm heaven dehh!! :)

Oh iya, karena penasaran sama kue pancong ini, saya coba gugling.Ternyata, menurut detikfood , kue pancong yang saya makan itu adalah versi modifikasi dari kue pancong Betawi yang aseli.. :p
Dalam artikel yang sama, disebutkan kalau kue Pancong asli Betawi ini bentuknya panjang, seperti papan penggilasan, dan tanpa taburan gula pasir.. Hhmmm, mungkin nanti ada lagi kesempatan menemukan kue pancong yang asli betawi seperti yang ditulis dalam artikel tersebut. Tapi sementara itu, kue pancong modif inipun cukup enak buat saya.. Sikaaaattt!! :D

Tidak ada komentar:

Posting Komentar