Laman

Jumat, 13 Juni 2014

Resep Gulai Paku (Pakis)


Kali ini kembali ke selera asal, dengan masakan ala kampung halaman. Kalau di daerah asal saya di Pekanbaru, masakan ini familier disebut dengan nama Gulai Paku. Hihihih.. tapi ga ada hubungannya dengan paku yang buat bolongin tembok itu lohh.. Paku di sini maksudnya adalah tumbuhan pakis, yang dimasak dengan kuah santan.

Hari rabu lalu, saya, mba Lia, dan mba Ike menjelajah sebuah pasar kaget di daerah sekitar tempat tinggal kami. Daaan saya takjub begitu melihat seorang bapak menjual pakis ini dalam jumlah banyakkk dan murah di lapaknya. hihiii,,, 3 ikat dijual hanya seharga 5 ribu rupiah.. Nah! siapa tidak kalap..Hehee,,

Sebenarnya, cerita menarik dari pakis ini adalah ketika kecil dulu, mama sering sekali masak gulai paku ini sebagi menu makanan di rumah. Tapiii saya enggan memakannya saat masih berbentuk gulai. Nah, karena gulai pakis mama bersisa banyak, jadi beliau memasak kembali gulai pakunya hingga kering, Dan,,, tarrraa... jadilah yang namanya rendang pakis. Duhhh,,,, saya langsung bergembira riaaa, karena memang ini yang saya tunggu-tunggu sesungguhnya,, Hehehee..

Jadi, saya memang suka gulai paku (pakis), tapi jauhhhhhh lebih suka kalau sudah jadi rendang pakis. Hahahaa.. begitupun dengan gulai pakis saya kali ini. Setelah matang, saya persilakan suami saya mencicipi si gulai pakis. Begitu suami selesai, langsuuungg gulai pakisnya dikeringkan hingga menjadi rendang. Barulah giliran saya untuk melahap. :D

Untuk yang tertarik mencoba, saya share resep Gulai Paku nya yaa,, Naahh kalau ingin mencoba rendang paku nya juga, tinggal keringkan gulai pakunya nya hingga berwarna kecoklatan..

Gulai Paku (Pakis)
by dekalisa

Bahan:
6 ikat pakis, siangi, cuci bersih
250 g udang, buang kepala dan kulit

250 ml santan
5 lbr daun jeruk
2 lbr daun kunyit
2 btg sereh, memarkan
6 ruas lengkuas, memarkan
7 asam kandis

bumbu halus:
10-15 buah cabe rawit hijau
12 bawang merah
7 bawang putih
3 cm jahe
gula
garam

Cara membuat:
1. Tumis bumbu halus, hingga harum. Masukkan daun jeruk, daung kunyit, sereh, lengkuas, asam kandis.
2. Masukkan daun pakis, masak hingga empuk dan mengeluarkan air
3. Masukkan santan, masak hingga mendidih
4. Masukkan udang, masak hingga berubah warna dan matang. Angkat, sajikan..





Tidak ada komentar:

Posting Komentar