Laman

Jumat, 25 Oktober 2013

Bolu Marmer Ekonomis


Beberapa hari terakhir ini suka hujan kalo sore-sore. Daann kalo lagi hujan sore-sore begini, yang dicari pasti pasangan teh hangat dan camilan. Bikin camilan temannya teh hangat yuuukk..

Eh tapi, pas lihat stok bahan ternyata telurnya cuma ada satu biji. No worries, tetep bisa dijadiin bolu yang bisa dimakan sekampung :) Iya, soalnya dengan resep bolu berbahan 1 telur ini tetap bisa bikin bolu ukuran 6 telur yang dicetak pake loyang tulban yang bolong tengahnya itu..

Resep untuk membuat bolu berbahan 1 telur ini dikenal dengan nama bolu air. Loh, bolu dan air ? Iya, bolu ini dihasilkan dengan mengocok satu butir telur bersama air dan gula. Tapi yang saya buat ini, airnya saya ganti dengan susu cair. Selain 1 butir telur dan air, bolu ini menggunakan bahan-bahan seperti yang digunakan untuk bolu pada umumnya, yaitu terigu.

Sebenarnya resep bolu air ini dulu juga pernah heboh di milis NCC, sekitar akhir tahun 2011 atau awal 2012. Tapi pada waktu itu saya sama sekali tidak tertarik membuatnya. Lha wong saya masih gak yakin "masa sih 1 telur dan air bisa menghasilkan bolu yang enak" , pikirku. Namun belakangan, si bolu air ini sedang hits sekali di kalangan anggota grup BKR. Dan testimoni terhadap bolu air ini ternyata cukup positif, banyak yang bilang enak dan jadi andalan jualan. "wahh masa sih", pikirku. Jadi penasaran untuk mencoba juga si bolu superduper ekonomis ini.

Akhirnya, di sore hari yang hujan itu saya eksekusi juga ini kue.
Testimoni dari saya???
Ehmmm, kuenya lembut sih.. Tapii, teksturnya sangat beremah. Mengingatkan saya akan bolu-bolu yang dibuat secara massal di pabrik-pabrik. Ehmm, jadi untuk konsumsi sesekali bolu ini bolehlah.. Tapi bukan merupakan kue yang favorit juga.
Oiya, kalau tertarik dengan bolu ekonomis ini, berikut resepnya

Bolu Marmer Ekonomis


Bahan :
1 telur
250 gr gula
1 1/2 sdt emulsifier (misal: SP/TBM/Ovalet)
200 ml air matang (saya pakai susu cair)
250 gr tepung serbaguna,
1 sdt Baking powder double acting
1/2 sdt vanili
1 sdt pasta mocca

caranya:
1.Kocok telur,gula pasir, air, dan Ovalet sampai kental mengembang.
2. Kecilkan speed mikser, masukkansedikit demi sedikit bahan kering( terigu, balking powder, vanili) kocok rata hingga tercampur.
3. Sisikan kurang lebih 3 sendok makan adonan, beri pasta mocca. Aduk hingga rata.
4. Tuang adona putih dalam loyang tulban (yang ada lubang tengahnya). Jangan lupa untuk mengolesi loyang dengan margarin dan ditabur tepung terigu sebelumnya.
5. Tuang adonan mocca di atasnya dan beri motif marmer dengan menggunakan garpu atau lidi.
6. Oven sampai matang. lakukan tes tusuk untuk mengetahui kue sudah matang atau belum.

5 komentar:

  1. Ini gag pke margarin ya,mbk?

    BalasHapus
  2. hai mbak, kalo air diganti susu cair, pas mengocok telur, gula dan susunya berbarengan ? apakah jadi mengembang dan kental juga ?, mengingat susu kan mengandung lemak. Mohon pencerahannya ya, terimakasih.

    BalasHapus
  3. sudah saya coba resepnya, hasilnya bolunya enak dan lembut tapi terlalu manis menurut saya, mungkin yang mau mencoba resepnya bisa mengurangi gulanya.

    BalasHapus
  4. Bisa tahan berapa lama itu bolu nya, sist?

    BalasHapus