Laman

Jumat, 30 Maret 2012

Tips Sukses Bikin Sponge Cake

Yuhuuuu akhirnya bisa muncul dengan posting ini. Udah lama pengen posting tentang key point bikin keik, kali ini dilengkapi gambar, biar yang baca bisa lebih jelas. Alasannya? pingin berbagi rahasia (ceileeee, rahasiaaa..) biar selalu sukses menaklukkan sponge cake. Biar cake nya tidak bantat lagi, bantat lagi... :(

Kalau di resep yang anda temukan tertulis : 'kocok telur dan gula hingga mengembang' itu artinya anda sedang berhadapan dengan si sponge cake ini. Titk kritisnya adalah, apakah telur nya sudah mengembang dengan sempurna dan mampu menjadi 'rangka' yang kokoh buat cake anda. Kalau belum benar-benar mengembang, di saat anda memasukkan tepung, maka yang akan terjadi adalah adonannya turun lagi. Walhasil, cake pun bantat dehh.. Makanya, banyak pertanyaan 'ini sampe gimana sih ngocok telurnya?". naahh hal ini yang bakal dishare di posting kali ini.

Telur-gula ini harus dikocok hingga benar-benar berwarna pucat dan terdapat jejak yang lama hilangnya. Naahh ini niih penampakan jejak itu. Maap ya kalo agak-agak gak jelas. Motretnya dari kamera hape. heheee...
eitsss tapi perjuangan belum berakhir sampe di sini. Kalo sudah mendapatkan adonan berjejak seperti ini, teruskan mengocok sedikiiiit lagi hingga adonan benar-benar kental dan kokoh.


 Untuk mengetes adonan sudah benar-benar kental atau belum, anda bisa lakukan ini. Celupkan whisker ke adonan, maka yang terjadi adalah, seperti di gambar ini. Adonan yang nempel di whisk sudah tidak jatuh dan membentuk puncak kaya gitu tuh.. Naaah ini artinya, adonan telur sudah kokoh dan siap untuk dicampurkan dengan bahan lainnya.
heheheee,, easy, isn't it?



Well, selamat mencoba dan slamat berkreasi.. Kalo kuehnya udah jadi bagibagi yaaaa.. hahahaaa..
Happy baking, all....!!! :D



Tidak ada komentar:

Posting Komentar