Laman

Jumat, 27 April 2012

Mini Chocolate Pie

 Haihaiii..ini dia camilan yang sippp banget. Namanya mini pai coklat. Resep aslinya ada di blognya mbak dyah di nads litte kitchen. Pai yang aku buat ini hasil modifikasi dari resep pai susu nya beliau. Disini aku pake cetakan mini pie, trus fillingnya aku ganti jadi coklat yang aku bikin dari susu milo. Secara lagi doyan banget dan kebetulan lagi ada banyak banget dirumah.

Menurut aku, pai ini adalah pai JUARA. Recommended banget buat para ibu yang pengen bikinin camilan buat malaikat-malaikat kecilnya :) .Kenapa? karna banyak aspek yg bikin dia cihuyyy banget.

Pertama, bahan-bahannya murah dan mudah banget didapat.Ga harus kabur dulu ke TBK gede untuk nyari bahan-bahannya. Semua ada di sekitar kita :D

Kedua, cara bikinnya simpel banget, g pake ribet. No mixer at all dalam proses pembuatannya.

Ketiga, waktu pembuatannya cukup singkat.

Keempat, ini adalah camilan yg sehat & bergizi, soalnya terbuat dari susu, telur, nyaris tanpa gula tambahan lagi karna susunya sendiri udah cukup manis, menurutku.

Kelima, rasanya muantabbb banget. Crustnya yang renyah dan tidak terlalu manis, sangat serasi dipadukan dengan fillingnya yang soft and light. Aku lebih suka rasanya setelah pai ini disimpan dulu di kulkas, jadi seger2 yummyyy gituuu.. :)

Keenam, resep ini sangat open. Artinya, mudah sekali untuk diutak-atik atau dimodifikasi sesuai selera. (Kreasi mini paiku ada di post berikutnya)

Karena pai ini juara banget, nih aku share resepnya..

Mini Chocolate Pie 
by Estie Dewo

Crust:
100gr margarin
175gr tepung terigu protein sedang
1 butir telur
>> Campurkan seluruh bahan. Aduk rata dengan pastry blender. Kalo gak ada bisa pake garpu.
>>Setelah rata, cetak pada loyang pie. 

Filling:
4 kuning telur
1 sdt pasta vanila
200gr (230ml) susu cair coklat ( bisa pake susu cair ataupun susu bubuk yang dicairkan)
1 bks (14gr) susu kental manis coklat
>>Aduk rata seluru seluruh bahan. Saring, dan tuang pada kulit pie yang sudah dicetak di loyang pie
>>Panggang pada suhu 150 dercel kurleb 35 menit dengan api bawah. (Karna ukurannya lebih kecil, mini pie butuh waktu lebih cepat utk matang. Kemaren aku panggang di suhu 160 dercel selama 40 menit, crustnya agak terlalu coklat.)

Gampilll banget kan bikinnya.. Slamat mencobaaaa..


bon apetite..!!! :D

3 komentar:

  1. dear mba estie.. saya pengen nyoba deh resep pienya.. ^^ saya penasaran sama tekstur crustnya.. misal saya bentuk lebih kecil lagi, mungkin ga bisa masuk toples dan disajikan untuk lebaran.. jd semacam kukis..atau pengganti nastar..? mohon pencerahan.. ^^

    BalasHapus
    Balasan
    1. haii mba Miss Jolie,, duhh maaf ya saya baru bisa online lagi nih. Kemaren sempat masuk rumah sakit beberapa hari.

      Untuk mini pie nya, mungkin bisa disajikan sebagai suguhan lebaran mba, cuma untuk penyimpan sebaiknya tetap di kulkas. Kalau tetap di suhu ruang, takutnya gampang basi soalnya mengandung telur dan bersifat basah. Pas ada tamu, baru dikeluarin dari kulkas :D

      Mudah2an membantu ya.. :)

      Hapus
  2. maaf mbak mau tanya ini tahan berapa lama trus resep ini bisa buat berapa buah?

    BalasHapus