Laman

Rabu, 17 April 2013

Bolkus Gundul aka Apam Polkadot


Penasaran banget sama bolkus yang satu ini. Setelah berhasil menaklukkan tantangan bolkus yang mesti mekar dengan indah, lahh ini kok malah harus membuat bolkusnya gundul, tidak mekar sama sekali. Panganan yang katanya populer di malay n singapur ini cukup unik dan menantang juga ntuk ditaklukkan :)

Setelah brosing-brosing resep, akhirnya aku putuskan untuk menggunakan resep yang ada di  mama itara's kitchen. Aslinya resep ini menggunakan 3 butir telur, tapiiii karna ini percobaan pertama, resepnya dibagi 3. jadi cukup pake 1 telur, heheee jadi kalo gagal gak nangis bombayy n garuk-garuk tembok :p

Okesipp, persiapan dimulai. timbang-timbang bahan, siapin susu cair dan telur yang fresh from the fridge, aka langsung dari kulkas :) Preparation, done. Baca step-step pembuatannya dengan seksama (Cieee..), eksekusi, daaaannnn... tarrrraaaa bolkusnya mingkem! hurraaayy,hurraayyy!! :D
Senengnya bukan main.
Oiya, ini aku nyetak bolkusnya pake cetakan cucing, yang kecil-kecil n warnanya ijo itu. imut-imut deh hasilnya. cetakannya ga perlu dioles margarin terlebih dahulu, ga lengket kok. Ngluarinnya dari cetakan gampang, tinggal tunggu dingin sebentar, trus kluarin dehh..

Okeee here it is the recipe. Aku tulis resep yang aku gunakan, yaa.. yaitu dengan 1 butir telur. Kalau ingin bikin lebih banyak, tinggal dikalikan saja :)

Bolkus Gundul aka Apam Polkadot

source: mama itara's kitchen

1 butir telur, dingin dari kulkas
90 gr tepung terigu serbaguna
65 gr gula pasir
50 ml susu cair, dingin dari kulkas
1 sdt baking powder
1/2 sdt sp
vanilla ekstrak

>> kocok telur, gula, sp sampai mengembang dan kental dengan mikser speed  rendah.
>>campurkan terigu dan baking powder, ayak ke dalam adonan telur, kocok rata
>> tambahkan susu cair dan vanilla ekstrak, kocok hingga rata.
>> bagi adonan dan beri warna sesuai selera
>> ambil masing-masing adonan 1 sdm, masukkan ke dalam plastik segitiga
>> tuang di cetakan, beri motif sesuai selera
>> kukus kurleb 10 menit dengan api kecil.
>> dinginkan sebentar, keluarkan dari cetakan



tips:
1. Gunakan telur dan susu cair yang sebelumnya telah disimpan di kulkas
2. Jika adonan masih terlihat terlalu kental, bisa ditambahkan susu cair sedikit-sedikit hingga encer. pada pembuatan kali ini, aku menambahkan sekitar 15-20 ml susu lagi, diluar takaran susu yang ada di resep.
3. Api kukusan harus kecil.

Dengan menggunakan resep di atas, akan menghasilkan sekitar 15 buah bolkus ukuran cetakan cucing. Untuk rasa bolkus ini, manis dan bertekstur ringan, walau tidak seringan bolkus mekar. tapi tetap ringan dan enyaakk untuk diemplok :)

okeee,, selamat mencoba yaaa :D

Tidak ada komentar:

Posting Komentar