Laman

Selasa, 09 April 2013

Pai Apel

Di rumah kebetulan ada stok apel malang, yang tenyata masi pada keras dan asyeemmm... waahh salah beli nihhh.. Dari pada ga kemakan, dijadiin pai apel ini aja.. Resepnya


Pai Apel

Kulit
200 terigu protein sedang
1/2 sdt garam
50 gr gula halus
100gr butter
1 telur



Isi
1/2 kg apel malang
2 sdm terigu
1 sdm maizena
1 sdt kayu manis bubuk
125 gr gula pasir
1 sdm margarin beku, potong-potong
1 kuning telur
air garam dan lemon secukupnya untuk merendam apel

Cara Membuat
- Kulit: campur semua hingga kalis dengan pisau pastry ataupun dengan tangan. Bungkus plastik dan diamkan di kulkas 15 menit.
- Gilas 2/3 adonan menjadi tipis, letakkan dalam loyang yang sudah diolesi margarin, rapikan sisinya.alasi dengan alumunium foil lembaran, isi kacang-kacangan. panggang kurleb 20 menit. Sisihkan.
- Isi: kupas apel, buang bagian tengahnya, iris tipis. Rendam dalam larutan air garam dan lemon selama 15 menit, tiriskan. Ayak terigu, maizena, kayu manis, campurkan ke dalam apel. Tambahkan gula dan kismis, aduk rata.
- Penyelesaian: Susun adonan apel di dalam loyang yang berisi kulit pie, tebarkan potongan margarin berku di atasnya. Tutup dengan sisa adonan kulit yang dibentuk tipis memanjang dengan susunan seperti anyaman. Oles permukaan dengan kuning telur. Oven suhu 180 'C sampai matang dan berwarna kuning kecoklatan, angkat.
- Keluarkan dari cetakan, biarkan dingin, baru dipotong-potong.

Rasanya?? okee banget. buah apelnya masi terasa agak krenyes. ada juga resep yang apelnya dimasak bersama gula terlebih dahulu sebelum dipanggang. tapi teksturnya kurang oke. karna apelnya jadi terasa lembek aja. so i recommend, apelnya setelah dicampur dengan bahan lain, langsung taruh di kulit pie dan panggang :) aroma kayu manis, rasa manis dan segar. ahhh, mantaplah apel pai ini :)

2 komentar:

  1. Mbak, bikin ngiler aja. Aku suka apple pie. Sama gak kaya yang di bogor itu. Hihi jauh banget kalo mo beli. Mau nyobain ya... Tengkyu :-)

    BalasHapus
    Balasan
    1. hahahaaa,, beda-beda tipis deh mba, sama yang di bogor :D
      u'r welcome, mbak :)

      Hapus